Ini 5 Tanda Smartphone Kamu Diretas

Seiring dengan semakin canggihnya teknologi dan koneksi internet yang semakin mudah untuk di akses, gaya hidup masyarakat di beberapa negara pun berubah menjadi lebih mobile.

Hanya dengan sebuah smartphone, pengguna dapat melakukan berbagai hal mulai dari transaksi perbankan, berkirim/menerima email, update status di media sosial hingga menyimpan data-data penting sekalipun.

Namun, jika kamu berpendapat smartphone merupakan tempat yang aman untuk menyimpan data-data pribadi, kamu salah besar.

Karena, setiap smartphone sejatinya memiliki celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Lalu, bagaimana kita bisa tahu smartphone Android yang kita gunakan telah diretas? Berikut adalah 5 tandanya sebagaimana dikutip dari Brightside.

1. Baterai Smartphone Berkurang Drastis Secara Tiba-Tiba

Setiap smartphone memang memiliki kapasitas baterai yang berbeda. Jika kamu sudah cukup terbiasa menggunakan smartphone yang digunakan saat ini, pasti kamu hapal berapa lama waktu pemakaian normal hingga baterainya benar-benar habis.

Tapi jika tiba-tiba daya baterai kamu berkurang drastis padahal pemakaian normal-normal saja atau seperti biasa, kamu patut waspada. Hal ini bisa jadi karena ada aplikasi tak dikenal yang berjalan secara background.

Aplikasi itu bisa sejenis malware yang dapat mencuri data-data dari smartphone kamu. Terdengar mengerikan, bukan? Solusinya, jangan sembarangan meng-install aplikasi dari sumber yang tak dikenal.

2. Suhu Smartphone Tiba-Tiba Panas

Seperti poin satu di atas, salah satu tanda lain jika ada aplikasi yang berjalan secara background adalah suhu smartphone-mu tiba-tiba semakin panas.

Jika ini terjadi, tidak ada salahnya untuk mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan di smartphone melalui menu pengaturan. Bagi pengguna hp Android, kamu bisa masuk ke menu Settings > Developer options > Running services.

Bila kamu menemukan sebuah aplikasi yang tak dikenal, sebaiknya segera hapus dan jangan pernah lagi meng-install aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

3. WiFi Tiba-tiba Aktif Sendiri.

Saat berada di tempat umum, kemudian WiFi kamu tiba-tiba aktif sendiri, kamu wajib waspada. Hal itu bisa jadi karena kamu sedang disadap. Cukup melalui koneksi WiFi di tempat umum, peretas jaman sekarang bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data ke target yang mereka inginkan.

4. Ada Suara Orang Lain Saat Melakukan Panggilan.

Salah satu tanda smartphone kamu disadap adalah munculnya suara bising dan aneh selama melakukan panggilan telepon.

Kalau itu terjadi, kamu patut waspada, apalagi jika lawan bicara kamu merasa suara panggilan yang kalian lakukan normal-normal saja.

5. Kuota Internet Boros.

Selain daya baterai yang tiba-tiba berkurang drastis, kuota internet yang mendadak jadi boros adalah salah satu tanda ada aplikasi yang sedang mengirim data tanpa sepengetahuan kamu.

Jika kamu kerap menggunakan paket data, kamu pastinya hapal berapa lama biasanya kuota kamu bertahan. Namun jika tiba-tiba menjadi boros, kamu patut waspada dan segera mengecek ada aplikasi apa saja yang ter-install di smartphone kamu.

Meskipun kalian sudah mengetahui tanda-tanda smartphone dicuri, ada baiknya kalian sendirilah menjaga sistem keamanan pada smartphone. Jangan menginstall aplikasi yang umum atau sudah kalian ketahui dengan baik. Serta jangan menginstall aplikasi dari luar playstore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *